Breaking News
Loading...
Sunday, August 12, 2012

Cara Membuat Mobile Twitter Client Sendiri Menggunakan Dabr

8/12/2012
 
Selamat pagi menjelang siang sobat semua, mumpung sekarang hari minggu, hari nyantai saya akan berbagi Tutorial bagaimana cara membuat mobile twitter client menggunakan dabr. Pada tahu kan mobile twitter client ? kalau belum tahu, mobile twitter client itu sebuah wapsite yang bersifat pihak ketiga yang bisa menggantikan fungsi dari website Twitter sendiri kecuali dalam hal mengganti password (yang saya tahu itu hehe). di Indonesia sudah banyak mobille twitter client yang terkenal contohnya m.tweete.net, tuitwit.com, writelonger.com dan sebagainya. Nah, disini buat sobat yang pengen buat mobile twitter client sendiri, tetep ikuti postingan ini yah. Oke tanpa basa-basi langsung saja kita ke langkah-langkahnya.
Cara Membuat Mobile Twitter Client Sendiri Menggunakan Dabr

Mendaftar di WebHosting

Pertama yang wajib sobat punya adalah WebHosting. Memang dibuat di Blogger tidak bisa ? ya jelas tidak bisa dong. Terus bagaimana bang ? ya caranya sobat bisa membuat akun di penyedia WebHosting, yang berbayar maupun gratis. Jika sobat ingin mendapatkan fasilitas Hosting yang mumpuni tapi murah bisa mencoba di RajaWebHost tapi untuk sobat yang masih pemula bisa mencoba di 000webhost.com atau idhostinger.com (sudah saya coba dan bekerja dengan baik). Nah setelah anda mendaftar, pastikan sudah mengaktifasi pendaftaran yang dikirim lewat email dan membuat subdomain sendiri seperti http://kyu.16mb.com (hosting dari idhostinger.com). Lalu upload file dabr yang bisa sobat dapatkan dibawah ini (versi r430) :
Download Dabr versi r430
Setelah di upload, ganti file yang bernama config.sample.php menjadi config.php. Oke ini ditinggal dulu, sekarang kita beralih membuat Aplikasi di bagian Developer Twitter.

Membuat Aplikasi di Bagian Developer Twitter

  1. Pertama masuk ke http://dev.twitter.com/ disana sobat bisa login menggunakan akun Twitter sobat
    Sign in Twitter Dev
  2. Setelah masuk pilih link My Applications yang ada di bagian menu dropdown di samping kanan atas halaman awal http://dev.twitter.com/
    Twitter Dev Application
  3. Klik link Create a new application.
    Create a new application
  4. Nah selanjutnya bisa sobat baca di postingan saya Cara Membuat Aplikasi Update Twitter, supaya tidak terlalu panjang lebar disini :-).
  5. Untuk diperhatikan sobat semua Callback URL dan website harus diisi misal http://kyu.16mb.com dan untuk dibagian Application Type pilih Read, Write and Access direct messages, jangan yang lain.
  6. Jika sudah bisa di simpan. Sekarang catet Consumer Key dan Consumer Secret aplikasi sobat.

Mengaktifkan Mobile Twitter Client Kamu

Pindah ke tempat hosting sobat. Kali ini kita akan mengedit beberapa source code dari file dabr. Jika sobat menggunakan hosting idhostinger.com ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masuk / Login ke Cpanel idhostinger ->  http://cpanel.idhostinger.com
  2. Pilih tab Control Panel
  3. Disitu akan tertera subdomain yang sudah kamu buat. Klik tombol Switch
  4. Nah, anda akan dialihkan ke Cpanel website anda. Pada bagian Files pilih File Manager 1. Akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password akun kamu di idhostinger.
  5. Setelah disubmit akan muncul tulisan berikut
    status login   
  6. Sekarang kembali ke bagian Files tadi, pilih File Manager 1. kamu akan dialihkan ke FTP kamu, disitu kamu sudah bisa mengedit file kamu.
  7. Lanjut, pilih folder public_html. Lalu pada file config.php pilih Edit. cari teks :
    // OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
    define('OAUTH_CONSUMER_KEY', 'consumer_key sobat');
    define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', 'consumer_secret sobat');
    ganti teks berwarna biru dengan consumer key dan merah dengan consumer secret aplikasi kamu.
  8. Lalu simpan file config.php, sekarang pindah ke directori sebelumnya dengan cara mengklik icon Back.
  9. Klik link Edit untuk file .htaccess :
    tambahkan kode berikut ini pada baris pertama :
    Options +FollowSymlinks
    lalu dibawah RewriteEngine On tambahkan :
    RewriteBase /
    dan hasilnya akan seperti ini
    # URL rewriting
    Options +FollowSymlinks
    RewriteEngine on
    RewriteBase /
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?q=$1 [L,QSA]

    <IfModule header_module>
    # 1 week cache
    <FilesMatch ".(png|ico)$">
    Header set Cache-Control "max-age=604800, public"
    </FilesMatch>
    </IfModule>
  10. Lalu klik icon Save
  11. Selesai
Sekarang coba buka Mobile Twitter Client punya kamu, login pakai Twitter kamu. dan nikmati Mobile Twitter Client kamu :-D. Untuk yang daftar di webhosting lain mungkin tidak jauh beda. Nah, untuk pengembangan fitur-fitur insyaallah akan saya bahas juga di blog ini, jadi tetap update informasinya di blog ini yah. Akhir kata maaf jika ada kesalahan penulisan atau kurang jelas tulisannya, saya juga manusia sobat hehe. so Keep Sharing and Smile dan jangan lupa kasih komentar yah :-D. 

Coba Mobile Twitter Client punyaku juga ya -> http://kyu.16mb.com sankyu :-D

referensi :
- http://code.google.com/p/dabr/downloads/list
Rating: 5, Reviewer : Yufex E,

41 Comments:

  1. info yang bagus..

    kunjungi juga http://www.dwnsns.com/

    ReplyDelete
  2. gan, kenapa eror nih pas login-nya, mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
  3. saya sudah klik edit tapi malah bukan tulisan seperti di atas tapi malah tulisan tidak jelas bagaimana.. jawabannya tolong komentar di blog saya http://Ghilankmayones.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Akhirnya berhasil juga buatan saya >>> http://clevertweet.co.cc ! Thank's gan

    ReplyDelete
  5. Pas selesai login kok error gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. error 404 kah? Kalo iya baca ini gan http://lpuarmy.blogspot.com/2012/10/cara-memperbaiki-error-twitter-404-untuk-mobile-twitter-client-dabr.html

      Delete
  6. gan saya sudah buat seperti step diatas, tapi saat sign in muncul eror seperti ini "Error: Login credentials incorrect. 401: " kira-kira solusinya gimana ? ini sitenya >> http://guusnara.16mb.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastiin callback url bener, pilih Read, Write and Access direct messages pada tipe aplikasi (di dev twitter), terus consumer key dan secret udah bener di file config.php gan

      Delete
  7. Berhasil, Gan!!! makasih infonya...

    oiya, ane mau tanya:
    1. Cara ngerubah warna tampilannya biar ga merah (standard dabr.co.uk) gimana, Gan? punya Agan http://kyu.16mb.com/ kan warnanya biru itu

    2. Cara ngerubah info di home pas mau login gmn? punya Agan http://kyu.16mb.com/ kan ada tulisannya
    "Info Kyuweet
    Admin Kyuweet (@lpuarmy) : Admin membutuhkan sekali feedback dari sobat-sobat pengguna Kyuweet :-)"

    mohon penjelasannya Gan... makasih

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. gak ngertinya gimana gan ?? lebih spesifik lagi njelasinnya :)

      Delete
  9. hasil nya gini gan , butuh pencerahan nih -_-

    Warning: require(common/browser.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u327939751/public_html/index.php on line 11 Warning: require(common/browser.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u327939751/public_html/index.php on line 11 Fatal error: require(): Failed opening required 'common/browser.php' (include_path='.:/usr/lib/php') in /home/u327939751/public_html/index.php on line 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek dulu apa ada file "browser.php" di folder common

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. upload file dabrnya dimana yaa ?
    saya jadi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. di hosting kamu, jika belum punya silakan daftar di idhostinger (gratis) atau tempat hosting lainnya

      Delete
  12. Error 401 terus gan. . Demo http://twit-me.tk/ salah dimana tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lagi konfigurasi di file "config.php" :)
      kalau belum bisa download dabr versi terbaru .

      terimakasih

      Delete
  13. Gan punya agan tampilannya keren gan..

    www.kyu.16mb.com

    Ingin kayak gitu gan,
    caranya detailnya gimana ya gan..
    Kasih tau dong gan...
    Pliss....

    Ini punya ane gan

    www.fandi.zz.mu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah untuk saat ini mungkin saya gak bisa memberikan tutorial secara mendetail dikarenakan sibuk di dunia nyata hehe. tapi insyaallah nanti source code twitter client saya (Kyuweet) akan saya share di blog ini.

      terimakasih :)

      Delete
  14. pertama bikin berhasil tp kedua bikin ko gagal ya gan. tulisannya Index of/
    config.php itu kenapa ya? mohon di bls trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek apakah nama file sudah "config.php"

      Delete
  15. Sipp..!

    Ane akan selalu hadir di blog agan pokoknya deh... :)

    ReplyDelete
  16. Sama sama mastha... :)

    ngo5ng" kyuweet tampilannya kok persis sama imorv yg versi mobile ya..?

    ReplyDelete
  17. Warning: mcrypt_generic_init(): Key size is 0 in /home/u108237288/public_html/common/user.php on line 191 Warning: mcrypt_generic_init(): Key length incorrect in /home/u108237288/public_html/common/user.php on line 191 Warning: mdecrypt_generic(): 27 is not a valid MCrypt resource in /home/u108237288/public_html/common/user.php on line 192 Warning: mcrypt_generic_deinit(): 27 is not a valid MCrypt resource in /home/u108237288/public_html/common/user.php on line 193

    gan kalo ada tulisan kaya gitu yang error apanya ? :(

    ReplyDelete
  18. Rifan Maulana => toss kang.. :D

    ReplyDelete
  19. Gimana ngaplod file dabrnya gan ?

    ReplyDelete
  20. gan,knp pas slesai buat twitter cientnya. Hotingnya eror?
    mhon bntuannya

    ReplyDelete
  21. gan mohon pencerahannya ane ko ga bisa nih liah coba http://sukasansan.pusku.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan gue berhasil nih cara ganti ini " Twitter no longer allow you to log in directly with a username and password so we can't show the standard login form. There's some more information on the Dabr blog." dimana ya ?

      Delete
  22. bro,saya sudah buat dan saya sudah ikuti standar anda,tapi kok webnya ga masuk alias web ga ditemukan??

    ReplyDelete
  23. gan kenapa saat login muncul tulisan Error: Login credentials incorrect.
    ini kalau mau lihat http://twitzy.hol.es/

    ReplyDelete
  24. udah bisa gan tadi ane salah di bagian config.php hehe

    ReplyDelete
  25. sudah sukses terima kasih gan :d saya mau tanya cara ganti theme/tema yg kek punya agan itu gimana ya..?? punya saya http://rt.porwanto.com

    ReplyDelete
  26. bingung gan, ftp aku ga bisa dibuka ;((

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung di LpuARmy Blog, budayakan berkomentar dengan nama (jangan pakai Anonymous) dan baik yah :)

sankyu :)
- Admin LpuARmy Blog

 
Toggle Footer