Breaking News
Loading...
Wednesday, February 24, 2010

Fedora 10 Cambridge

2/24/2010
 
Fedora 10 Cambridge menawarkan versi stabil mutakhir desktop GNOME 2.24 dan KDE 4.1, fasilitas boot lebih cepat dan mulus berkat Plymouth, fungsi printing lebih sempurna, dukungan webcam lebih baik, peningkatan pada wireless network connection sharing, kemudahan pada pemeliharaan dan update software berkat PackageKit dan RPM 4.6), dan dukukungan langsung terhadap virtualisasi. Demi keamanan Cambridge dipersenjatai dengan security tool baru untuk IDS (Intrusion Detection System) bernama SecTool. Fedora 10 dipercantik dengan thema desktop baru 'Solar' dan menyediakan lingkungan desktop kelas bulu LXDE yang ringan. Bagi pengguna sebagai pengembang dan sysadmin akan bergembira dengan tersedianya peralatan Eclipse 3.4 dan IDE NetBeans.




Fitur-fitur Utama Cambridge termasuk:

Dukungan Printer:

  • Peningkatan pengelolaan dan penanganan mesin cetak lebih baik. Antarmuka pengguna untuk system-config-printer diperbaharui dengan tampilan yang lebih ramah sejajar dengan tampilan aplikasi desktop lain dan system-config-printer tidak perlu lagi dijalankan oleh yang memiliki otoritas sebagai root.

Peningkatan dukungan Remote:

  • Koneksi dengan remote controls untuk aneka aplikasi yang memerlukan pengarutan jarak jauh via sinyal infra-red kini lebih mudah.  LIRC ( Linux Infrared Remote Control) banyak digunakan di aplikasi media yang mendukung Infra-red remote controls. Fitur ini mempermudah koneksi sehingga 'just work' di kebanyakan aplikasi. Menggunakan Fedora untuk sebuah media-center yamh memanfaatkan fungsi remote control menjadi lebih mudah.

Startup sistem lebih mulus:

  • Fedora 10 memanfaatkan fitur Kernel-Based Mode-Setting (KMS) untuk misalnya mendukung hardware grafis Radeon mulai model 9500. Dengan teknik ini kernel Linux menyediakan dukungan langsung setelah inisialisi sesuai tipe monitor dengan modus grafis yang dibutuhkan. Kernel juga mengambil alih sebagian besar tugas yang sebelumnya diproses X-Server. Dengan demikian pergantian antara X-Server dan teks VGA, seperti juga konsol Framebuffer berlangsung jauh lebih cepat karena penyetelan ulang resolusi gambar yang memakan sumberdaya tidak lagi perlu dilakukan. Bila konsol Framebuffer diaktifkan atau menggunakan hardware Radeon yang mendukung KMS, aplikasi Plymouth langsung tampil grafis dari awal dengan thema 'Solar' bawaan Fedora 10. Pemilik kartu grafis yang mendukung KMS dapat menyaksikan proses awal grafis yang mulus dan relativ cepat.

Dukungan Webcam lebih baik:

  • Aplikasi popular v4l telah di patch Fedora untuk dapat digunakan dengan libv4l: amsn, camE, camstream, cheese (gstreamer), ekiga (ptlib), gyachi, xawtv dan ucview (unicap). Hal ini memungkinkan banyak hardware yang langsung jalan 'out of the box' termasuk sejumlah webcam drivers yang terpasang di kernel memungkinkan banyak aplikasi yang didukung menggunakan drivers tersebut.

Glitch Free Audio:

  • PulseAudio sound server diperbaiki dan ditulis ulang sehingga kini dapat menggunakan 'timer-based audio scheduling' ketimbang sebelumnya menggunakan pendekatan 'traditional interrupt-driven'. Pendekan ini tidaklah berbeda dengan apa yang telah digunakan di sistem seperti Apples CoreAudio dan Windows Vista audio subsystem yang memiliki kelebihan hemat enerji seraya meminimalkan drops-outs dan memungkinkan pengaturan yang lebih fleksibel.

Berbagi koneksi lebih mudah:

  • Fitur Connection Sharing memungkinkan ad-hoc jaringan WiFi lebih mudah ke mesin yang tersambung ke internet atau yang memiliki kartu wireless ganda. Bila mesin utama dengan koneksi internet (kabel, niskabel: 3G, second wireless card), dapat di set-up routing agar komputer yang tersambung via ad-hoc wifi network dapat berbagi koneksi ke dunia luar termasuk internet. Fitur seperti ini bermanfaat misalnya dalam sebuah konferensi memungkinkan ketersedian banyak jaringan dengan jumlah koneksi yang umumnya terbatas.

First Aid Kit: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Linux;

  • Sebuah sistem recovery yang bekerja otomatis bila terjadi ganguan terhadap sistem. Firstaidkit menangani masalah melalui plugins yang fokus dan masing-masing memonitor bagian khusus seperti grub, init scripts atau Xserver. Firstaidkit didisain untuk memperbaiki masalah secara otomatis sambil memastikan agar integritas data tetap terpelihara. Dalam kata lain, Firstaidkit akan melakukan sebaik mungkin perbaikan sistem dan memberikan peluang untuk membatalkan perubahan yang telah dilakukan.

RPM Fusion: Lumbung non-free stuffs;

  • RPM Fusion yang belum lama diresmikan adalah sumber untuk segala  yang non-free namun dibutuhkan untuk kenikmatan menggunakan Fedora. Repository baru ini merupakan gabungan dari tiga repositori yaitu Freshrpms, rpm.livna.org dan Dribble untuk memudahkan pengguna Fedora dan Red Hat Enterprise Linux mendapatkan Software tambahan dan Codecs untuk Audio maupun Video yang tidak disediakan di repositori resminya.

Update ke RPM 4.6:

  • Pengelola paket kini lebih mudah dan bekerja lebih cepat berkat versi RPM 4.6 dan intregrasi PackageKit yang memiliki tampilan grafis baik untuk GNOME maupun KDE.

Sectool: Pengamanan via Security Audit:

  • Sebuah sistem audit sekuriti baru berikut sebuah 'intrusion detection system' will be there. Sectool adalah paralatan kemaanan yang digunakan baik sebagai 'security audit' maupun sebagai bagian dari sistem deteksi terhadap penyusupan. Pengguna yang berpengalaman dapat mempelajari dokumentasi dan logs dari percobaan dan dapat memanfaatkan scripts untuk memperbaiki celah keamanan.


  source : http://gudanglinux.com
Rating: 5, Reviewer : Yufex E,

0 Comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di LpuARmy Blog, budayakan berkomentar dengan nama (jangan pakai Anonymous) dan baik yah :)

sankyu :)
- Admin LpuARmy Blog

 
Toggle Footer