Breaking News
Loading...
Saturday, August 22, 2009

Mengidentifikasi PC (1)

8/22/2009
 

MENGIDENTIFIKASI PC (1)

KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Mengidentifikasi PC (1)
Pada pokok bahasan ini akan membahas komponen sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (user/brainware).

2.1 Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan), proses pengolahan data dan output (keluaran). Secara umum perangkat  keras komputer dapat digambarkan seperi blok diagram di bawah ini :
 
 Gambar 1.1. Blok diagram komputer

2.1.1. Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Adapun perangkat masukan terdiri dari :

2.1.1.1. Mouse
Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse  sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada  desktop  (ruang kerja) Sistem operasi. Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti :
  • Dual button
  • Three button
  • Scroll Button
 
 Gambar 1.2  Mouse

2.1.1.2. Keyboard
Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol  Esc, F1,…,F12,
 
Gambar 1.3  Keyboard
2.1.2. Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU))
Didalam proses kerja suatu komputer,  processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran. CPU bisa disebut sebagai otak dari komputer, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini  :

  
Gambar 14.A. Masyarakat umum mengenalnya atau sering menyebut dengan nama CPU (Central Processing Unit), gambar 14.B. menunjukkan jika chasing  sebuah komputer dibuka sehingga terlihat perangkat yang ada didalamnya, sedang gambar 14.C. menunjukkan bentuk fisik sebuah prosessor yang sesungguhnya
berfungsi sebagai CPU. 2.1.3. Perangkat Keluaran (Output Devices) Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun perangkat  tersebut adalah  sebagai berikut :

2.1.3.1. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna
menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input


2.1.3.2. Printer (Alat Cetak) 
Peranti ini berfungsi untuk   mencetak hasil proses dari masukan (Input), berupa teks atau gambar


2.1.3.3. Speaker
Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer. 


2.1.4.  Media Penyimpanan Data (Storage Devices)
Media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data atau informasi yang ada dalam komputer. Media penyimpanan data terdiri berbagai jenis antara lain :

2.1.4.1.  Hard Driver (Harddisk)
Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas harddisk mencapai 120 GB. Harga dari media ini tergolong mahal.
2.1.4.2. Disket
Merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.


2.1.4.3. CDROM/DVD
Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
 

2.1.4.4. Flash disk
Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena, berukuran antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000 Mb) 
 
2.2.  Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak (software) adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan atau menjembatani antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (user/brainware). Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 
2.2.1. Perangkat lunak sistem operasi (Operating System Software)
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras dan sekaligus  mengelola perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan komputer. Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :
-  Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user dan dapat membedakan hak aksesnya
-  Multitasking : dapat melakukan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan
Berdasarkan tampilannya sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi yaitu :

2.2.1.1.  Sistem operasi berbasiskan teks
Merupakan sistem operasi yang menggunakan  teks sebagai
sistem. Ada beberapa contoh dari
sistem operasi berbasiskan teks,
yaitu :
-  DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981, lihat gambar berikut :

-  Unix  merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ;
1. Unix
2. OpenBSD
3. FreeBSD
Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis  IBM, HP
dan Sun Solaris.
 
Rating: 5, Reviewer : Yufex E,

1 Comments:

Terimakasih telah berkunjung di LpuARmy Blog, budayakan berkomentar dengan nama (jangan pakai Anonymous) dan baik yah :)

sankyu :)
- Admin LpuARmy Blog

 
Toggle Footer