Breaking News
Loading...
Saturday, August 29, 2009

Instalasi Windows XP Dengan Flash Disk

8/29/2009
 
Instalasi Windows XP Dengan Flash Disk
Bagaimana Instalasi Windows XP Dengan Flash Disk ? Berikut langkah-langkahnya :
  1. Siapkan flashdisk, sebaiknya kapasitas minimal 1GB.
  2. Download aplikasi HPUSB flash.
  3. Download DOS system file.
  4. Ekstrak kedua file tersebut ke komputer.
  5. Jalankan aplikasi HPUSB flash dengan klik ganda pada file HPUSBFW.EXE akan tampak tampilan seperti ini : HP USB Flash Utility
  6. Pilih device, pastikan sesuai dengan flash disk yang akan anda format.
  7. Cek pada pilihan Create a DOS startup disk, kemudian pada pilihan “using DOS system files located at” klik tombol sebelah kanan (browse) dan arahkan pada direktori hasil ekstrak dari file dos.zip pada langkah ke-3 di atas.
  8. Setelah semua benar, kemudian klik Start. Tunggu sampai proses format selesai.
  9. Setelah proses format selesai, copy-kan file-file yang ada pada direktori DOS (hasil download) ke flashdisk, kecuali file COMMAND.COM, IO.SYS, dan MSDOS.SYS (sudah tercopy sewaktu proses format). 
Langkah pembuatan boot-disk selesai, anda tinggal meng-copy file installer windows ke flash disk tersebut. Caranya copy direktori i386 beserta file dan sub direktori di dalamnya dari CD installer windows ke dalam flash disk (gunakan windows explorer). Setelah selesai, anda siap menginstall windows ke PC/Laptop. Untuk install pada Asus EEE, langkahnya sebagai berikut :
  1. Pasang flash disk booting pada Laptop yang akan diinstal.
  2. Saat tampil logo Asus EEE, tekan Esc. Pilih booting dari flashdisk.
  3. Setelah masuk ke C prompt ( C: ), hapus semua partisi bawaan linux xandros pada Asus EEE. Caranya dengan ketik perintah FDSIK.exe. Setelah semua partisi terhapus, buat satu partisi tunggal, dan set atribut ke Active (perlu restart supaya partisi yang baru bisa dikenali oleh system).
  4. Tekan esc untuk keluar dari menu Fdisk. Kemudian format partisi yang tadi kita buat. Caranya ketik perintah FORMAT D: /s Tunggu sampai proses format selesai.
  5. Copy file himem.sys, config.sys, dan smartdrv.exe ke hardisk. Caranya ketik perintah copy himem.sys D:, copy config.sys D:, copy smartdrv.exe D: Jangan lupa selalu tekan enter di akhir setiap perintah tersebut.
  6. Dari sini Laptop EEE sudah bisa booting tanpa flashdisk. Restart EEE. Biarkan booting dari Hardisk.
  7. Setelah proses boot selesai, anda akan masuk ke C: kembali. Ketikkan perintah smartdrv kemudian enter.
  8. Pindah ke direktori dimana file installer windows berada. Ketik perintah D: kemudian enter.
  9. Pada D prompt ( D: ) ketik perintah cd i386 kemudian enter.
  10. Ketik perintah winnt.exe kemudian enter. Anda akan masuk ke menu instalasi windows. Dari sini anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada layar monitor sampai selesai instalasi windows. 
Catatan :
1. Cara ini tidak hanya berlaku untuk laptop Asus EEE saja, tapi juga bisa digunakan pada laptop atau PC lain sepanjang mendukung booting dari Flash disk.
2. Ada kasus dimana FDISK tidak bisa menge-set partisi hardisk menjadi aktif. Hal ini karena FDISK membaca flashdisk sebagai fixed disk 1, sementara hardisk sebagai fixed disk 2. Jika demikian, maka gunakan aplikasi physdiskwrite seperti saya tulis pada cara install pertama. Dengan physdiskwrite, flashdisk akan terbaca sebagai floppy drive A, sedangkan hardisk sebagai fixed disk 1, sehingga bisa di-set ke aktif.
Rating: 5, Reviewer : Yufex E,

0 Comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di LpuARmy Blog, budayakan berkomentar dengan nama (jangan pakai Anonymous) dan baik yah :)

sankyu :)
- Admin LpuARmy Blog

 
Toggle Footer